Indonesia News Style | Senin Wage, 22 September 2014
Home Fenomena Misteri dibalik 'Pohon Perempuan'
Admin
Ditulis oleh Admin   
Posted : JUMAT, 02 Oktober 2009 09:02


Misteri dibalik 'Pohon Perempuan' PDF Print E-mail

pohonorang1Foto-foto ini pertama kali beredar di dunia maya  melalui e-mail pada awal April 2008 dan terus beredar luas hingga sekarang. Namun hingga detik inipun belum ada penjelasan yang pasti apakah pohon aneh yang dinamakan 'nareephol' ini memang benar-benar ada atau hanya ulah iseng (atau dalam istilah dunia maya 'hoax') belaka.  

Nareepol dalam bahasa Thailand, berarti "Pohon Perempuan". Naree - Perempuan atau gadis, sedangkan 'Phol' artinya Pohon atau Plant. Bila memang benar adanya, ini adalah pohon paling luar biasa yang pernah kita lihat. Sesuai informasi yang menyertai kemunculan gambar-gambar fantastis ini, pohon Nareepol konon berada di Propinsi Petchaboon yang letaknya kira-kira 500 KM dari Bangkok.

Seperti gambar yang kita lihat,pohon ini memiliki buah-buah yang bergantung mirip perempuan telanjang. Salah satu foto, juga menampilkan bagaimana bentuk buah saat mengering.

Banyak yang meragukan keaslian fenomena ini, namun banyak juga yang terpengaruh dan menganggap obyek ini sebagai sesuai yang mengagumkan dan sesuatu yang dipercayai sebagai keajaiban. Lepas dari rekayasa atau bukan, bila memang Allah berkehendak, maka tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.


pohonorang2pohonorang3Satu-satunya penjelasan yang cukup masuk akal, berasal dari Brett M. Christensen, seorang ahli 'hoax'. Dikatakan Brett, pohon Nareepol hampir pasti tidak lebih dari sebuah penipuan. Jika fenomena yang mengagumkan itu nyata, maka pohon Nareepol pastilah akan sangat terkenal, dan akan banyak media yang memberitakannya di seluruh dunia. "Komunitas ilmiah dan kelompok keagamaan juga sudah pasti akan memeriksa pohon dan menerbitkan temuan mereka itu. Sebaliknya, satu-satunya informasi tentang Pohon Nareepol itu hanya berupa pesan" katanya.

Selain itu, empat foto di atas tampaknya menjadi satu-satunya gambar pohon yang tersedia."Jika pohon itu nyata, pasti akan ada banyak sekali foto-foto tentang pohon itu yang tersedia di berbagai blog, situs web dan situs dalam berbagai gambar,''terangnya.

pohonorang4Menurut informasi pesan, Pohon Nareepol terletak di provinsi Petchaboon. Jadi, jika pohon dan buahnya benar-benar ada, maka kemungkinan besar akan menjadi daya tarik wisata utama untuk wilayah dan dipromosikan seperti itu.

Dengan demikian, tampaknya sangat mungkin bahwa beberapa orang iseng  telah menciptakan tipuan dengan cerdas memasang beberapa patung-patung buatan manusia ke cabang-cabang pohon biasa dan kemudian mengambil beberapa foto untuk dokumen "penciptaan"nya.

Batas di mana masing-masing "buah" bergantung dengan cabang  dikaburkan oleh daun, mungkin untuk menyembunyikan kawat atau benang. Selain itu, bagian-bagian buah terlihat terlalu seragam dan tidak alami. Kecuali untuk posisi lengan, setiap bagian "buah" hampir sama dalam ukuran dan warna. "Dalam dunia nyata, buah cenderung sangat bervariasi dalam ukuran, warna dan kualitas, bahkan ketika tumbuh di pohon yang sama,'' paparnya. Anda percaya yang mana? Wallahualam.